MATERI USHUL FIKIH BAB 2 : SEJARAH FIKIH DAN USHUL FIKIH
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.
Semangat pagi, Ananda siswa dan siswi MAN 2 Bandung yang baik dan cerdas. Pada kesempatan ini bapak akan menjelaskan overview pembelajaran bab pertama di Kelas X ini yaitu bab ke-2 dengan materi : SEJARAH FIKIH DAN USHUL FIKIH.
Sedangkan Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang harus dimiliki kalian setelah belajar ini adalah sebagai berikut ini :
Selanjutnya silakan dibaca uraian berikut ini...
Dari sejarah dapat kita pahami bahwa pertumbuhan dan perkembangan ushul fikih
akan selalu sejalan dan tidak dapat dipisahkan dari pertumbuhan dan perkembangan fikih.
Ibarat dua sisi mata uang, ushul fikih dan fikih dapat dibedakan akan tetapi tidak dapat
dipisahkan. Gambaran keterkaitan keduanya adalah ketika seorang mujtahid melakukan
ijtihad maka pasti menggunakan metode-metode dalam ushul fikih, sedangkan hasil dari
ijtihad tersebut dinamakan fikih. Dengan kata lain fikih adalah produk yang dihasilkan oleh
ushul fikih.
Berdasar kepada keterpaduan dan ketidakterpisahan fikih dan ushul fikih tersebut,
maka penulisan sejarah pertumbuhan dan perkembangan fikih dan ushul fikih dalam bahan ajar ini
dijadikan satu dan tidak ditulis sendiri-sendiri. Penulisan sejarah keduanya dibagi dalam
beberapa periode atau fase tertentu yang memiliki ciri khas atau karakter tersendiri yang
berbeda pada setiap fase atau periode, yaitu fase pertumbuhan, fase perkembangan, fase
formulasi dan sistematisasi, fase kemunduran (stagnasi), dan fase kebangkitan kembali. Ayo
tunjukkan semangat kalian untuk mempelajari sejarah kedua ilmu yang sangat penting
tersebut!
Sekarang coba perhatikan Peta Konsep berikut ini :
Seteleh membaca sekilas tentang Ushul Fikih, silakan kalian masuk ke E-Learning MAN 2 Bandung pada web http://www.elearning.man2bandung.sch.id
Silakan download bahan ajarnya dan kerjakan tugas pada menu Penugasan KI3.
Untuk penugasan KI3 silakan lihat pertanyaannya di bawah ini!
1. Di antara periodisasi sejarah perkembangan fikih/ushul fikih terdapat satu periode di
mana fikih/ushul fikih mengalami stagnasi. Fikih tidak mampu memberikan jawaban
terhadap perkembangan persoalan baru yang muncul. Mengapa hal itu terjadi dan apa
yang harus kalian lakukan agar stagnasi tersebut tidak terjadi di masa yang akan
datang ?
2. Sejarah pertumbuhan dan perkembangan fikih/ushul fikih terbagi dalam beberapa
periode atau fase. Buatlah tabel yang menunjukkan perbedaan dari masing-masing
fase atau periode tersebut!
3. Pada setiap fase pertumbuhan dan perkembangan fikih/ushul fikih terdapat
karakteristik tersendiri. Lakukanlah perbandingan dan tentukan pilihan fase mana
yang menurut kalian paling penting dalam pertumbuhan dan perkembangan
fikih/ushul fikih? Dan apa alasannya ?
4. Setelah kalian menganalisis sejarah pertumbuhan dan perkembangan fikih/ushul fikih,
buatlah rumusan tentang apa yang dapat kalian lakukan untuk kemajuan ilmu
fikih/ushul fikih pada masa kini di era atau fase kebangkitan kembali fikih/ushul fikih!
5. Dalam fase kebangkitan kembali fikih/ushul fikih ada beberapa pola yang ditawarkan
oleh para ulama. Pilihlah satu pola yang menurut kalian paling sesuai dengan
lingkungan kalian! Apa alasannya ?
Terima Kasih.
Semangat belajar ya....
Wallahulmuafiq ila aqwamitthoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.