Halloween Costume ideas 2015
Latest Post

 Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Semangat pagi, Ananda siswa dan siswi MAN 2 Bandung yang baik dan cerdas. Pada kesempatan ini bapak akan menjelaskan overview pembelajaran di Kelas XII ini yaitu bab ke-2 dengan materi : KUNCI KERUKUNAN. 
Sedangkan Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi yang harus dimiliki kalian setelah belajar ini adalah sebagai berikut ini :



Selanjutnya silakan dibaca uraian berikut ini...

Indonesia ini penuh dengan keberagaman baik dari suku, agama, ras, maupun atar 
golongan. Ada sekitar 1.340 suku bangsa yang ada di Indonesia, 6 agama besar dan berpuluh-
puluh agama kepercayaan. Dengan keberagaman ini, agama Islam mengajarkan untuk saling 
mengenal antar bangsa dan suku dan tidak merasa paling hebat di antara yang lainnya. Oleh 
karena itu, kita harus membina dan menjaga kerukunan di Indonesia. 

Dalam membina dan menjaga kerukunan ini, agama Islam  mengajarkan untuk 
bersikap toleransi kepada orang ataupun golongan lain, meyakini persamaan derajat manusia, 
moderat atau bersikap wasathiyah dan memahami persaudaraan. Dan pada bab ini, kita akan 
mendalami keempat sikap tersebut. 

Sekarang coba perhatikan Peta Konsep berikut ini :


Kemudian coba lihat gambar di bawah ini !




Silakan buat 3 pertanyaan atau pernyataan yang berkaitan dengan materi pembelajaran tentang KUNCI KERUKUNAN dengan melihat kedua gambar di atas. Kalian bisa melihat referensinya pada BAHAN AJAR yang telah Bapak Upload di E-Learning MAN 2 BANDUNG. Pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan tersebut silakan kalian upload di Penugasan KI3 di Elearning yang telah Bapak sediakan di Website http://elearning.man2bandung.sch.id 

Terima Kasih.
Semangat belajar ya....

Wallahulmuafiq ila aqwamitthoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.



 


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Semangat pagi, Ananda siswa dan siswi MAN 2 Bandung yang baik dan cerdas. Pada kesempatan ini bapak akan menjelaskan overview pembelajaran bab pertama di Kelas XI ini yaitu bab ke-2 dengan materi : ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM.
Sedangkan Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi yang harus dimiliki kalian setelah belajar ini adalah sebagai berikut ini :



Selanjutnya silakan dibaca uraian berikut ini...

Pengalaman pahit dalam sejarah umat Islam seharusnya tidak terulang lagi. 
Pertikaian dan perbedaan sudat pandang dalam menyelesaikan suatu persoalan yang 
diselesaikan dengan peperangan, justru  menghasilkan luka yang sangat mendalam dan 
tidak mudah diobati.  
Islam telah mengajarkan untuk saling menghormati adanya perbedaan, bahkan 
menempatkannya sebagai suatu rahmat. Namun apabila salah dalam menyikapi perbedaan 
yang ada, maka perbedaan tersebut akan menjadi suatu nestapa. Ada persoalan besar yang 
harus diselesaikan bersama untuk menjaga agar perbedaan pemahaman keagamaan jangan 
sampai menimbulkan perpecahan.  

Sekarang coba perhatikan Peta Konsep berikut ini :


Kemudian coba lihat gambar di bawah ini !


Silakan buat 3 pertanyaan atau pernyataan yang berkaitan dengan materi pembelajaran tentang ALIRAN-ALIRAN ILMU KALAM dengan melihat kedua gambar di atas. Kalian bisa melihat referensinya pada BAHAN AJAR yang telah Bapak Upload di E-Learning MAN 2 BANDUNG. Pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan tersebut silakan kalian upload di Penugasan KI3 di Elearning yang telah Bapak sediakan di Website http://elearning.man2bandung.sch.id 

Terima Kasih.
Semangat belajar ya....

Wallahulmuafiq ila aqwamitthoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.





 


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Semangat pagi, Ananda siswa dan siswi MAN 2 Bandung yang baik dan cerdas. Pada kesempatan ini bapak akan menjelaskan overview pembelajaran bab pertama di Kelas X ini yaitu bab ke-1 dengan materi : KONSEP DASAR USHUL FIKIH.
Sedangkan Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang harus dimiliki kalian setelah belajar ini adalah sebagai berikut ini :




Selanjutnya silakan dibaca uraian berikut ini...

Coba kalian perhatikan gambar di atas tentang sebagian aktivitas manusia di era millenial sekarang ini. Tentu kalian dapat memahaminya karena itu era kalian. Di era ini, dengan kecanggihan teknologi kalian dapat berbuat lebih banyak seperti berbisnis  online, belajar mandiri melalui internet, dan masih banyak lagi yang dapat kalian perbuat. Akan tetapi yang perlu diketahui bahwa dalam perspektif hukum Islam, para ulama telah menyepakati semua aktivitas manusia baik yang terkait dengan ibadah, muamalah, pidana, perdata, akad atau transaksi apapun dalam pandangan syariat Islam ada ketentuan hukumnya. Hukum-hukum tersebut sebagian dijelaskan oleh  naṣṣ-naṣṣ  yang terdapat dalam al-Qur’an dan Hadis, sebagian lagi yang lain tidak ada naṣṣ yang menjelaskannya. Akan tetapi syariat telah menetapkan petunjuk-petunjuk dan isyarat-isyarat yang dapat digunakan mujtahid sebagai sarana untuk memahami dan menyelesaikan persoalan hukum tersebut. Dengan kata lain, kumpulan hukum-hukum  syara’  yang terkait dengan perkataan dan perbuatan manusia itu ada yang dipahami dari naṣṣ-naṣṣ yang terdapat dalam al-Qur’an dan Hadis dan ada yang diperoleh dari dalil-dalil  syara’  yang lain yang tidak ada  naṣṣnya. Semua persoalan ini dibahas dalam salah satu ilmu yang sangat penting dalam Islam, yakni ushul fikih. Karena itu sebagai calon ahli agama, kalian harus mempelajarinya dengan penuh semangat.  

Sekarang coba perhatikan Peta Konsep berikut ini :

















Seteleh membaca sekilas tentang Ushul Fikih, silakan kalian masuk ke E-Learning MAN 2 Bandung pada web http://www.elearning.man2bandung.sch.id 
Silakan download bahan ajarnya dan kerjakan tugas pada menu Penugasan KI3.

Terima Kasih.
Semangat belajar ya....

Wallahulmuafiq ila aqwamitthoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

 


Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Semangat pagi, Ananda siswa dan siswi MAN 2 Bandung yang baik dan cerdas. Pada kesempatan ini bapak akan menjelaskan overview pembelajaran bab pertama di Kelas XII ini yaitu bab ke-1 dengan materi : CERMINAN DAN NILAI MULIA ASMAUL HUSNA. 
Sedangkan Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi yang harus dimiliki kalian setelah belajar ini adalah sebagai berikut ini :


Selanjutnya silakan dibaca uraian berikut ini...

Berbagai perilaku dapat kita lakukan sebagai  cerminan dari  al-Asmā` al-Ḥusna. Dengan  al-Asmā` al-Ḥusna  kita mengusahakan kebaikan  sebagai cerminan atas-Nya.  Al-Asmā` al-Ḥusna  merupakan gabungan dari dua kata yaitu  al-Asma`  berarti nama-nama, merupakan  jama’ taksīr  dari  kata  ismun  berarti nama dan  al-Ḥusna  berarti paling baik, merupakan wazan mubālaghah dari kata ḥusnun berarti baik. Dengan demikian pengertian al-Asmā` al-Ḥusna adalah nama-nama yang paling baik yang Allah Swt. perkenalkan melalui al-āyāt al-qauliyyah-Nya 
Pada pembahasan bab pertama ini, kita akan mendalami  al-Afuww, al-Rozzāq, al-Malik, al-Hasīb, al-Hādi, al-Khālik  dan  al-Hakīm  beserta cerminan perilaku yang bisa diambil dari-Nya. 

Sekarang coba perhatikan Peta Konsep berikut ini :















Kemudian coba lihat gambar di bawah ini !

Silakan buat 3 pertanyaan atau pernyataan yang berkaitan dengan materi pembelajaran tentang CERMINAN DAN NILAI MULIA AL-ASMA AL-ḤUSNA dengan melihat kedua gambar di atas. Kalian bisa melihat referensinya pada BAHAN AJAR yang telah Bapak Upload di E-Learning MAN 2 BANDUNG. Pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan tersebut silakan kalian upload di Penugasan KI3 di Elearning yang telah Bapak sediakan di Website http://elearning.man2bandung.sch.id 

Terima Kasih.
Semangat belajar ya....

Wallahulmuafiq ila aqwamitthoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.












 Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Semangat pagi, Ananda siswa dan siswi MAN 2 Bandung yang baik dan cerdas. Pada kesempatan ini bapak akan menjelaskan overview pembelajaran bab pertama di Kelas XI ini yaitu bab ke-1 dengan materi : MUNCULNYA ALIRAN  KALAM  DALAM PERISTIWA TAHKIM.
Sedangkan Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi yang harus dimiliki kalian setelah belajar ini adalah sebagai berikut ini :



Selanjutnya silakan dibaca uraian berikut ini...

Ujian umat Islam dalam menjaga persatuan dan kesatuan sudah terjadi sejak Nabi Muhammad Saw. wafat. Namun ujian tersebut dapat diselesaikan dengan baik sejak terpilihnya Abu Bakar ash-Ṣiddiq sebagai khalifah.  Keadaan ini dapat dipertahankan pada masa pemerintahan  Umar bin Khaṭab  dan awal pemerintahan Utsman bin Affan. Namun pada akhir masa pemerintahan Ustman bin Affan terjadilah huru-hara politik, yang menyebabkan terbunuhnya Utsman bin Affan. 
Ali bin Abi Ṭālib  yang menjabat khalifah  menggantikan Ustman bin Affan, menghadapi situasi yang sangat sulit. Ada beberapa sahabat yang enggan berbaiat, bahkan ada yang menentangnya secara terang-terangan sehingga terjadilah perang Jamal  (perang unta) dan perang  Ṣiffin. Situasi yang penuh ketegangan inilah akhirnya memicu munculnya beberapa aliran/firqah, yang dalam hazanah keilmuan Islam dikenal dengan aliran ilmu  Kalam. 

Sekarang coba perhatikan Peta Konsep berikut ini :


Kemudian coba lihat gambar di bawah ini !



Silakan buat 3 pertanyaan atau pernyataan yang berkaitan dengan materi pembelajaran tentang MUNCULNYA ALIRAN KALAM DALAM PERISTIWA TAHKIM dengan melihat kedua gambar di atas. Kalian bisa melihat referensinya pada BAHAN AJAR yang telah Bapak Upload di E-Learning MAN 2 BANDUNG. Pertanyaan-pertanyaan atau pernyataan tersebut silakan kalian upload di Penugasan KI3 di Elearning yang telah Bapak sediakan di Website http://elearning.man2bandung.sch.id 

Terima Kasih.
Semangat belajar ya....

Wallahulmuafiq ila aqwamitthoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.









Berikut ini saya sampaikan Raport yang tertinggal karena terlambat melengkapi tugas. Di bawah ini adalah Raport siswa yang sudah bisa didownload karena siswa tersebut sudah mengikuti prosedur pengambilan Rapor yang tertinggal seperti yang diposting di Group WA.

1.  RAPOR X IBB 1

2.  RAPOR X IBB 2

3.  RAPOR X MIPA 1

4.  RAPOR X MIPA 2

5.  RAPOR X MIPA 3

6.  RAPOR X MIPA 4

7.  RAPOR X IPS 1

8.  RAPOR X IPS 2

9.  RAPOR X IPS 3

 


 

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.


Semangat pagi, Ananda siswa dan siswi MAN 2 Bandung yang baik dan cerdas. Pada kesempatan ini bapak akan menjelaskan preview pembelajaran bab penting di Kelas XI ini yaitu bab ke-10 dengan materi : TOKOH DAN AJARAN TASAWUF SUFI BESAR.
Sedangkan Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi yang harus dimiliki kalian setelah belajar ini adalah sebagai berikut ini :



Selanjutnya silakan dibaca uraian berikut ini...

Tubuh lahir mempunyai pancaindera untuk mengenal semua yang lahiriah. Panca indera tersebut berupa penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan dan penyentuhan serta alat-alat yang digunakan adalah mata, telinga, hidung, lidah, tangan dan lain-lain. Tubuh halus atau diri batin juga mempunyai  indera untuk mengenal perkara yang gaib, indera ini dinamakan basirah atau mata hati. Basirah berbeda dari sifatnya dalam melihat bila dibandingkan dengan melihat yang dimiliki oleh mata lahir. 

Kesehatan mata lahir perlu diperhatikan agar dapat berfungsi dengan maksimal. Begitu juga dengan mata batin. Mata lahir dijaga dengan memperhatikan asupan gizi yang dibutuhkan oleh mata, mata batin dijaga dengan menghindarkan diri dari segala kotoran batin sehingga terjaga kebersihan dan kekuatannya. Semakin bersih dan suci mata batin maka akan semakin tajam untuk melihat sesuatu yang bersifat batiniyah. 

Sekarang coba perhatikan Peta Konsep berikut ini :


Kemudian coba lihat gambar di bawah ini !


Silakan buat 3 komentar atau pertanyaan dari 2 gambar tersebut yang berkaitan dengan materi pembelajaran tentang TOKOH DAN AJARAN TASAWUF SUFI BESAR. Pertanyaan-pertanyaan tersebut silakan kalian upload di Penugasan KI3 di Elearning yang telah Bapak sediakan di Website http://elearning.man2bandung.sch.id 

Sebagai tambahan referensi untuk materi pembelajaran kali ini, silakan lihat baca modul di bawah ini. Pertanyaan seputar materi yang ada di modul dapat ditanyakan juga di kolom komentar pada Website Elearning MAN 2 Bandung di http://elearning.man2bandung.sch.id 


Untuk Bahan Ajar lengkap BAB X ini bisa kalian dapatkan di Website Elearning MAN 2 Bandung di url http://elearning.man2bandung.sch.id 

Terima Kasih.
Semangat belajar ya....

Wallahulmuafiq ila aqwamitthoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.



Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Semangat pagi, Ananda siswa dan siswi MAN 2 Bandung yang baik dan cerdas. Pada kesempatan ini bapak akan menjelaskan overview pembelajaran bab terakhir di Kelas X ini yaitu bab ke-10 dengan materi : Riba, Bank dan Asuransi.
Sedangkan Kompetensi Dasar dan Indikator Kompetensi yang harus dimiliki kalian setelah belajar ini adalah sebagai berikut ini :




Selanjutnya silakan dibaca uraian berikut ini...

Alam semesta ini adalah milik Allah Swt. sedangkan manusia adalah penerima kepercayaan dari Allah yang harus dipeliharanya. Dengan berkembangnya peradaban manusia, manusia banyak melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Mulai dari menabung, meminjam uang, dan sampai kepada yang menggunakan jasa untuk mngirim uang dari berbagai kota dan negara.  

Dalam menjalankan kegiatan ekonominya, Islam  telah memberi ketetapan bahwa riba hukumnya adalah haram. Pada dasarnya pengertian mengenai riba, bank dan asuransi sudah sangat familiar di mata masyarakat. Namun sebagian mereka tidak mengetahui pasti kedudukannya dalam hukum islam. Seperti halnya riba adalah salah satu usaha mencari rezeki dengan cara yang tidak benar dan dibenci Allah Swt.. Sedangkan Bank menurut jumhur ulama’ merupakan perkara yang belum jelas kedudukan hukumnya dalam Islam  karena bank merupakan sebuah produk baru yang tidak  ada nashnya. Dan ketentuan mengenai asuransi masuk dalam kategori objek ijtihad karena ketidakjelasan ketentuan hukumnya. Karena memang ketetuan mengenai  asuransi, baik di dalam Al-Qur’an maupun hadits Rasulullah Saw.. Termasuk para ulama tidak banyak yang membicarakannya.  Secara umum, riba adalah pengambilan tambahan baik dalam transaksi jual beli maupun pinjam meminjam secara bathil atau bertentangan dengan prinsip muamalat dalam Islam.

Mengenai riba, Islam  bersikap keras dalam persoalan ini karena semata-mata demi melindungi kemaslahatan manusia baik dari segi akhlak, masyarakat maupun perekonomiannya. Oleh sebab itu, agar dipahami lebih mendalam mengenai riba, bank, dan asuransi. Maka dalam bab yang terakhir ini akan diuraikan mengenai kedudukan riba, bank dan asuransi serta menunjukkan contoh tentang praktik-praktik yang berunsur riba. 

Sekarang coba perhatikan Peta Konsep berikut ini :



Kemudian coba lihat gambar di bawah ini !



Silakan buat 4 pertanyaan yang berkaitan dengan materi pembelajaran tentang Riba, Bank dan Asuransi. Pertanyaan-pertanyaan tersebut silakan kalian upload di Penugasan KI3 di Elearning yang telah Bapak sediakan di Website http://elearning.man2bandung.sch.id 

Sebagai referensi untuk materi pembelajaran kali ini, silakan lihat baca modul di bawah ini. Pertanyaan seputar materi yang ada di modul dapat ditanyakan juga di kolom komentar pada Website Elearning MAN 2 Bandung di http://elearning.man2bandung.sch.id 


Untuk Bahan Ajar lengkap BAB X ini bisa kalian dapatkan di Website Elearning MAN 2 Bandung di url http://elearning.man2bandung.sch.id 

Terima Kasih.
Semangat belajar ya....

Wallahulmuafiq ila aqwamitthoriq
Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget